Kamis, 05 Mei 2011

MASALAH-MASALAH YANG TERJADI DALAM ETIKA BISNIS

    Setiap manusia di dunia ini, pasti dituntut untuk melakukan etika yang baik dalam hidup mereka. Tuntutan untuk melakukan etikapun tak luput diberikan kepada organisasi-organisasi, baik yang melakukan tindakan bisnis untuk mencari keuntungan maupun organisasi yang bergerak di bidang sosial. Perusahaan-perusahaan selalu dituntut untuk selalu menerapkan etika yang baik dalam segala tindakan yang mereka lakukan, misalnya: dalam hal pengambilan keputusan, perusahaan tidak boleh memikirkan kepentingan perusahaan saja tetapi juga harus memikirkan kepentingan orang lain yang secara langsung maupun tidak langsung mempengaruhi kelangsungan hidup perusahaan.
    Tetapi tidak semua hal yang telah dilakukan perusahaan dapat diterima dengan baik oleh orang lain, bahkan tak jarang mereka berpikir bahwa apa yang telah dilakukan oleh perusahaan akan dapat merugikan mereka. Berbekal dari tantangan yang dihadapi serta keterbatasan perusahaan dalam memperkirakan dan mengendalikan setiap keputusannya dapat membuat perusahaan semakin sadar tentang tantangan-tantangan etika yang dapat terjadi dan harus dihadapi oleh perusahaan.
    Masalah-masalah pokok yang dapat terjadi di dalam etika bisnis, antara lain:
        1.    Adanya inovasi dan perubahan yang selalu terjadi, serta Lapangan Kerja yang Semakin Sedikit.
                Dalam era globalisasi ini, segala bentuk inovasi dan perubahan terjadi di segala bidang, dalam bidang industri pun tak luput dari inovasi dan perubahan. Hal ini terlihat dari adanya tuntutan kepada perusahaan supaya perusahaan harus dapat berinvestasi pada mesin-mesin dan juga pabrik yang baru. Justru hal tersebut menimbulkan sebuah pemasalahan kedalam perusahaan yang dikarenakan ketidakcocokan antara keahlian tenaga kerja yang dimiliki dan yang dibutuhkan oleh teknologi baru. Sedangkan apabila perusahaan berusaha menolak adanya inovasi dan perubahan tersebut, juga akan menimbulkan ancaman yang baru.
                Tantangan social yang sebenarnya adalah yang berasal dari masyarakat sekitar yang berkaitan secara tidak langsung dengan perusahaan. Karena dampak adanya inovasi dan perubahan, akan lebih tampak pada masalah tenaga kerja daripada masalah pembangunan. Dimana banyak para pekerja yang mengganggap bahwa penggunaan mesin-mesin dalam sebuah perusahaan akan mengurangi kepercayaan perusahaan kepada pegawainya dan dapat di anggap kurang mampu mengerjakan pekerjaan mereka. apabila hal tersebut terjadi maka akan membuat semangat bekerja daripada karyawan tersebut akan menurun, serta kepuasan kerja yang ada akan semakin kecil.
                Untuk mengantisipasi hal-hal tersebut, maka perusahaan diharapkan mempunyai tanggung jawab yang besar untuk menyediakan atau bahkan menciptakan lapangan pekerjaan yang mampu tetap bekerja dan bertahan walaupun dalam masa  perubahan. Termasuk didalamnya adalah mendukung, melatih, dan mengadakan sumber daya untuk menjamin orang-orang yang belum bekerja memiliki keahlian dan dapat bersaing untuk menghadapidan mempercepat perubahan.
        2.    Pasar dan Pemasaran
                Di dalam pasar, tak lepas dari persaingan antara para produsen, tetapi dalam pasar juga terdapat satu produsen yang menguasai pasar yang disebut pasar monopoli. Adanya monopoli dalam pasar akan menyebabkan keadaan distorsi pasar. Ada banyak alasan perusahaan untuk dapat melakukan konsentrasi industri, sebagai contoh, dapat meningkatkan kemampuan berkompetisi, dan memudahkan permodalan. Penyalahgunaan kekuatan pasar melalui monopoli merupakan bagaimana pasar dan pemasaran dilaksanakan.
                Banyak kritik yang diajukan pada aspek pemasaran, misalnya, penyalahgunaan kekuatan dari para pembeli, mempromosikan barang-barang yang berbahaya, menyatakan nilai-nilai yang masih diragukan, ataupun penyalahgunaan spesifik lain seperti iklan yang mempunyai dampak yang buruk bagi anak-anak. Sehingga untuk mengatasi itu semua, maka diperlukan sebuah syarat-syarat dan standar atau ketentuan-ketentuan yang ditetapkan oleh pemerintah, serta diperlukan adanya sekelompok penekan yang bertugas mengkritik tingkah laku perusahaan.
        3.    Pengurus dan Gaji Direksi
                Pengurus merupakan bagian yang penting dalam sebuah perusahaan karena kepengurusan adalah bagian yang bertanggung jawab terhadap barang dan dana orang lain. Sehingga perusahaan wajib melaksanakan kepengurusan manajemen degan baik atas segala hal yang telah dipercayakan oleh pemberi tugas. Dimana tugas yang paling utama ditanggung oleh direksi sehingga diharapkan dapat bertindak secara loyal dan dapat dipercaya serta ahli dalam menjalankan tugasnya. Yang bertanggung jawab kepada perusahaan dan undang-undang.
                Untuk dapat mempertahankan stabilitas antara kebutuhan manajer untuk menjalankan tugasnya dengan hak pemegang saham untuk mengetahui apa yang dilakukan para manajer, maka diperlukan adanya sebuah auditing. Kita seringkali menemui direksi yang mendapat gaji yang besar sehingga menimbulkan banyak perdebatan, hal tersebut terjadi karena kurang jelasnya hubungan antara kinerja organisasi dan penggajian, serta adanya paket-paket tambahan tersembunyi dan kelemahan dalam pengawasan. Dimana gaji para direksi terus meningkat sedangkan pendapatan rata-rata terus menurun dan nilai saham terus berfluktuasi. Hal ini menimbulkan banya kritik dan kesadaran untuk selalu menyoroti kenaikan gaji para eksekutif, dan cara yang dapat digunakan untuk menanggulangi penyalahgunaan tersebut dengan adanya informasi dan pembatasan eksternal.
        4.    Tantangan Multinasional
                Perusahaan-perusahaan yang ada pasti ingin perusahaannya dapat menjadi perusahaan internasional, akan tetapi perusahaan-perusahaan internasional yang sudah ada sering mengambil tindakan yang idak dapat diterima secara lokal. Sehingga muncul banyak pertanyaan, apakah apakah terdapat nilai moral yang masuk ke budaya masyarakat lain, atau apakah ada kemungkinan perusahaan mengekspliotasi undang-undang untuk kepentingan mereka. Dalam prakteknya, perusahaan internasional selalu mempengaruhi perkembangan ekonomi, sosial, masyarakat suatu negara. Dimana mereka dapat mensukseskan aspirasi Negara atau bahkan membuat frrustasi dengan menghambat tujuan nasional. Hal ini harusnya dapat meningkatkan kewajiban bagi perorangan dan industri untuk dapat menerapkan kode etik baik secara internal maupun eksternal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar